Rekomendasi Tempat Wisata di Blitar Yang Populer, Dari Alam Hingga Sejarah

Tempat wisata Blitar memiliki banyak opsi destinasi. Blitar ialah suatu wilayah di Jawa Timur dengan pesonanya yang istimewa. Blitar dibagi dalam 2 daerah, kabupaten dan kota. Keduanya mempunyai tempat wisata di Blitar yang memiliki energi tarik tertentu.

Secara geografis, Kota Blitar terletak di sebelah selatan Provinsi Jawa Timur, terletak di kaki Gunung Kelud. Blitar juga berbatasan langsung dengan samudera Hindia di sebelah selatan. Tempat wisata di Blitar sangat bermacam-macam mulai dari sejarah, pegunungan, sampai pantai.

Tempat wisata di Blitar dapat jadi tujuan buat melepas penat. Kalian dapat memilih salah satu dari tempat wisata di Blitar pada saat singgah di kota ini. Mayoritas dari tempat wisata di Blitar ini lumayan gampang diakses dan murah meriah.

Baca juga Rekomendasi Tempat Wisata di Pekanbaru!

Daftar Tempat Wisata Blitar Yang Populer

Candi Penataran

Tempat wisata di Blitar merupakan candi termegah di Jawa Timur, adalah candi Penataran. Candi Penataran terletak di lereng barat energi Gunung Kelud, dekat 12 kilometer ke arah utara dari Kota Blitar. Candi ini adalah sekumpulan bangunan kuno yang berjajar dari barat-laut ke timur setelah itu bersinambung ke tenggara.

Dalam kitab Negarakertagama, Candi Penataran diucap dengan nama Candi Palah. Candi Palah terencana dibentuk di kawasan dengan latar balik Gunung Kelud, sebab memanglah dimaksudkan sebagai tempat buat memuja gunung.

Candi Sawentar

Candi Sawentar terletak di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Secara geografis Candi Sawentar terletak di sebelah timur lereng Gunung Kelud. Kawasan candi ini juga dikelilingi oleh sungai. Candi ini dikenal ialah candi bercorak Hindu.

Nama candi Sawentar disebut-sebut di dalam Kitab Negarakertagama, Candi Sawentar dikenal juga Lwa Wentar selaku salah satu tempat yang didatangi oleh raja Hayam Wuruk.

Candi Kotes

Candi Kotes ialah lingkungan candi bercorak Hindu-Syiwa yang terletak di di Desa Kotes, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Candi Kotes juga biasa dikenal dengan Candi Papoh yang terdiri dari 2 bangunan yang diucap Candi Kotes I dan Candi Kotes II.

Candi Simping

Tidak hanya Penataran, Sawentar, dan Kotes, tempat wisata di Blitar berbentuk candi yang lain merupakan candi Simping. Candi Simping berlokasi di Dusun Krajan, Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Candi ini sesungguhnya adalah makam dari Raden Wijaya, Raja awal Kerajaan Majapahit dan sekalian pendiri Kerajaan Majapahit yang terletak di Trowulan Kabupaten Mojokerto. Raden Wijaya meninggal pada tahun 1309. Kitab Negarakretagama mengatakan candi itu ialah tempat Raden Wijaya diperabukan.

Candi Kalicilik

Candi Kalicilik ialah suatu candi bercorak Hindu yang terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Candi ini ialah aset kerajaan Majapahit dilihat dari tahun pada pintu masuk candi 1271 Saka(1349 Masehi).

Candi Boto Wetan

wisata blitar

Candi Boto Wetan berlokasi di Dusun Foto Anyar, Desa Sumberasri, Nglegok, Blitar. Letak Candi ini terletak di pinggir tebing bagian utara Sungai Lahar. Candi ini juga berbatasan dengan Sungai Bladak di sisi selatan. Sebagian dari totalitas tanah di dekat candi ini adalah tanah berpasir karena candi ini terletak di sebelah sebelah selatan Gunung Kelud dan jadi aliran lahar Gunung Kelud.

Makam Bung Karno

wisata blitar

Tempat wisata di Blitar yang sangat terkenal merupakan Makam Bung Karno. Kota Blitar dikenal tempat dimakamkannya presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Makam Soekarno terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan Kota Blitar. Lingkungan makam seluas lebih dari 1,8 hektar ini jadi destinasi wisata sejarah untuk warga.

Disini wisatawan dapat berziarah langsung ke makam presiden RI pertama, Soekarno. Tidak hanya berziarah, di lingkungan pemakaman ini juga berdiri museum dan perpustakaan. Museum ini berisi koleksi pakaian, potret bung Karno dari masa kecil sampai tua, dan lukisan Bung Karno yang konon yang dapat berdetak sendiri laiknya jantung manusia.

Istana Gebang

wisata blitar

Istana Gebang ialah kediaman masa kecil Bung Karno. Di tempat ini Bung Karno menghabiskan masa kanak-kanaknya. Saat ini rumah masa kecil Bung Karno dikelola pemerintah jadi lingkungan bangunan bernilai sejarah. Di depan istana, ada arca Bung Karno bercorak putih. Bangunan yang masih mempertahankan arsitektur aslinya ini jadi destinasi buat memenuhi wisata sejarah di Blitar.

Situs Umpak Balekambang

wisata blitar

Situs Umpak Balekambang terletak di Desa Penataran, Kec. Nglegok, Kabupaten Blitar. Bersumber pada sejarah, tadinya Web Umpak Balekambang ialah tempat bersemedi para raja dari kerajaan Kediri sampai Majapahit. Situs ini terdiri dari umpak batu berjumlah 36 buah. Kokoh dugaan tadinya web ini adalah suatu balai/ pendopo.

Batu-batu berjajar pada gundukan tanah yang lebih besar dengan orientasi ke arah utara. Posisi Umpak Balekambang kerap digunakan sebagai titik pemberangkatan Kirab Tumpeng Nusantara mengarah Candi Penataran.

Pantai Tambakrejo

wisata blitar

Tempat wisata di Blitar terakhir merupakan Pantai. Pantai Tambakrejo ialah tempat wisata di Blitar yang sangat terkenal. Posisinya cuma berjarak lebih kurang 30 km dari Kota Blitar. Terdapat 3 zona utama di pantai ini, adalah zona timur yang mempunyai banyak pasir, zona tengah yang mempunyai banyak batu, dan zona barat yang ialah dermaga kapal-kapal nelayan. 

Tinggalkan komentar