10 Tempat Wisata Dieng Wonosobo Yang Populer dan Menarik

Tempat wisata Dieng menyajikan pilihan liburan dengan keindahan alam yang menawan. Dieng ialah wilayah pegunungan yang terletak di Jawa Tengah. Populer dengan bermacam destinasi alamnya, tempat wisata Dieng pula menyajikan wisata budaya yang kental.

Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dikira sebagai gunung api raksasa yang mempunyai banyak puncak dan kawah. Tempat wisata Dieng secara administratif tercantum dalam 2 kabupaten yang berbeda ialah Wonosobo dan Banjarnegara. Perihal ini membuat tempat wisata Dieng gampang dijangkau dari arah manapun.

Jadi salah satu destinasi wisata kesukaan para pecinta alam, tempat wisata Dieng pula menyajikan banyak wisata budaya dan sejarah yang menarik buat didatangi bersama dengan sahabat dan keluarga. Turis juga dapat melancong kuliner dengan mencicipi bermacam santapan lokal khas Wonosobo dan Banjarnegara.

Baca juga Wisata di Kuningan!

Daftar Tempat Wisata Dieng Yang Menarik

Gunung Prau

Wisata Dieng awal merupakan Gunung Prau, Mendaki Gunung Prau pada saat ini lagi jadi tren ataupun hits di kalangan anak muda. Jadi, apabila kita kategorikan sebagai wisata Dieng sangat hits ya pas-pas saja karena animo warga paling utama kawula muda sangat besar.

Buat pendatang baru, apabila mau naik ke Gunung Prau pada saat kemarau sangat baik karena tidak licin. Setelah itu, ambil jalan Patek banteng yang ialah sangat gampang dan cepat karena cuma 4 jam. akan tetapi, karena ini jalan terenak Kamu wajib siap jalurnya ramai apalagi masa liburan.

HTM Prau dibagi jadi 3, ialah parkir, sarana basecamp, dan tiket pendakian. Tiap- tiap Kamu wajib merogoh kocek Rp5. 000, sampai dengan Rp15. 000. Bayaran ini telah bersih dengan konsumsi kamar mandi, pembuangan sampah, menginap di basecamp dan lain- lain.

Bukit Sikunir

Wisata Dieng yang berikutnya merupakan Bukit Sikunir. Bukit Sikunir terletak di desa Sembungan. Bukit yang mempunyai panorama yang indah, paling utama pada saat waktu matahari terbit. Matahari terbit di Bukit Sikunir jadi salah satu pilihan sebagian besar turis tiba ke tempat ini.

Waktu terbaik buat menikmati matahari terbit di Bukit Sikunir merupakan dekat bulan Juli sampai Agustus karena periode masa kemarau sehingga langit jadi bersih. Bila kamu berencana buat menikmati matahari terbit di sini, kamu wajib tiba pagi-pagi sekali.

Telaga Warna

Wisata Dieng berikutnya adalah Telaga Warna, Bila kamu akan liburan ke wisata Dieng pada masa kemarau, harus buat mampir ke Telaga Warna. Alasannya, pada saat berkunjung di bulan Juli hingga Agustus, kamu akan berkesempatan memandang warna air di telaga ini jadi merah, hijau, biru, sampai kuning.

Pergantian warna ini terjalin karena telaga tersebut mempunyai isi sulfur yang lumayan banyak. Jadi pada saat terpapar oleh cahaya matahari, airnya akan otomatis berganti warna.

Mitosnya, pergantian warna yang terjalin di Telaga Warna terjalin karena isi pusaka yang terjatuh kepunyaan Cupu Manik Astagina. Tetapi, bila dipaparkan secara ilmiah, pemicu warna air yang berganti sebab ekosistem yang terdapat di telaga tersebut.

Telaga warna ini mempunyai luas kira-kira 3 kali lapangan sepak bola, jadi buat bersantai bersama keluarga dan menikmati panorama alam, akan sangat asik.

Telaga Menjer

Apabila di Medada lebih asik buat memancing, buat Kamu yang mau mengelilingi danau naik perahu. Luas danau sendiri dekat 5 kali lebih luas dari lapangan sepak bola. Air danau Telaga Menjer cenderung bercorak hijau dengan sekelilingnya penuh dengan tumbuhan pinus.

Tiap hari terdapat penyewaan kapal yang siap bawa Kamu berkelana. Lama durasinya dekat 45- 60 menit bergantung harga sewa. Buat sewa sendiri antara Rp15. 000- Rp20. 000 per orang baik kanak- kanak ataupun berusia.

Sayangnya, Jika belum ada orang, umumnya perahu ini harus ditunggu sampai penuh dengan penumpang. Perihal ini buat menutupi ongkos operasional, Kamu juga dapat menyewanya sendiri jika mau.

Lubang Sewu

Lubang Sewu, kawasan ini penuh dengan bebatuan menawan nan eksotik dari ujung sampai ujung. Spesialnya lagi, dari batu-batu unik yang menjulang tersebut Kamu dapat memandang waduk yang menawan. Lebih indahnya lagi, jika Kamu berkunjung dikala matahari terbenam karena pantulan cahayanya begitu mempesona.

Sayangnya, Lubang Sewu tidaklah wisata yang dapat Kamu kunjungi semau hati. Nama tempat wisata di Dieng yang termotivasi dari batuan-batuannya yang berlubang ini dapat diucap musiman. Alasannya, pada saat masa hujan Kamu tidak akan dapat memandang bebatuannya sama sekali.

Batu- batu tersebut akan tenggelam bersamaan naiknya air danau pada saat musim hujan. Jadi, silahkan tiba kesini saat musim kemarau saja ya bila tidak ingin kecewa. Buat HTM Rp15. 000, waktu operasionalnya mulai dari 08: 00- 17: 30 selama Pekan.

Kawah Sikidang

Kawasan wisata Dieng adalah gunung berapi raksasa yang masih aktif, karenanya disini turis juga akan dapat menemukan sebagian kawah di dekat kawasan ini. Salah satu yang populer merupakan Kawah Sikidang. Kawah Sikidang tercantum dalam tempat wisata di Banjarnegara.

Kawah Sikidang mempunyai luas 200 m persegi dan terletak di tanah datar sehingga wisatawan bisa memandang gumpalan asap yang keluar dari kawah ini. Tetapi, turis senantiasa butuh berjaga- jaga karena memiliki kandungan belerang yang besar.

Candi Arjuna

Wisata ini juga mempunyai banyak candi memiliki yang dapat didatangi. Salah satu yang terpopuler merupakan Candi Arjuna.

Candi ini masih aktif dijadikan tempat ibadah masyarakat dekat yang beragama Hindu, terlebih pada saat Hari Raya Galungan. Yakinkan kamu dan keluarga tidak lagi dalam keadaan lelah saat mendatangi wisata Dieng satu ini, karena Candi Arjuna mempunyai luas menggapai 1 hektar.

Museum Kailasa

Penasaran gimana dataran Dieng dan tempat wisata Dieng Wonosobo di sekitarnya dapat tercipta? Kamu dapat mengenali perihal ini jika singgah ke Museum Kailasa.

Di situ tidak hanya dapat menyaksikan film arkeologi, banyak pula artefak- artefak yang tersimpan. Artefak tersebut berasal dari candi dan hasil penemuan yang berasal dari Dieng.

Untuk yang mengajak keluarga, jangan khawatir anak akan bosan karena bagian taman museum lumayan luas. Kamu dapat memandang panorama alam Dieng dan sekitarnya dari museum dan banyak spot gambar menarik.

D’qiano Water Park

Mau mengembalikan badan ke keadaan yang fresh dan bugar, D’qiano Water Park sesuai dijadikan destinasi liburan terakhir yang mengasyikkan di Dieng. Lumayan cuma dengan Rp 25.000 saja, kamu dan keluarga telah dapat berenang di kolam air panas sepuasnya di objek wisata satu ini.

Apabila kamu bimbang mencari tempat buat bernaung, D’ qiano Water Park juga menawarkan sarana penginapan dengan mutu yang mencukupi. Jadi, momen liburan bersama keluarga di Wisata Dieng akan terasa lebih memorable.

Bukit Sidengkeng

Wisata Dieng yang menyajikan panorama indah dengan spot gambar anti mainstream satu ini recomended buat kamu kunjungi saat liburan.

Bukit Sidengkeng menyajikan spot gambar dengan landscape pegunungan dan panorama alam telaga warna yang indah di bawahnya.

Rasakan sensasi tracking di pagi hari buat mengarah puncak Bukit Sidengkeng dan nikmati sunrise memesona dengan panorama pegunungan.

Destinasi wisata alam Bukit Sidengkeng buka tiap hari sepanjang 24 jam.

Tinggalkan komentar