Rekomendasi Tempat Wisata di Jepara Yang Lagi Hits dan Populer

Wisata Jepara populer dengan destinasi alam yang indah, paling utama pantainya. Perihal ini ditambah dengan terdapatnya Pulau Karimunjawa yang namanya telah terkenal dimana-mana, membuat Jepara terus menjadi diminati turis.

Jepara juga populer sebagai tempat kelahiran Pahlawan Nasional Indonesia yang jadi pelopor kebangkitan wanita, ialah R.A. Kartini. Tidak heran wisata Jepara juga mempunyai destinasi budaya dan sejarah yang tidak kalah menarik.

Wisata Jepara kaya dengan destinasi alam dari pantai sampai perbukitan. Tidak hanya itu, kalian juga tidak dapat mengesampingkan wisata budaya dan sejarah yang penuh nilai edukasi. Kalian tinggal memilah wisata alam ataupun sejarah, karena Jepara menawarkan destinasi wisata yang lengkap.

Lihat juga Rekomendasi Tempat Wisata di Garut!

Daftar Rekomendasi Tempat Wisata di Jepara

Pulau Karimunjawa

wisata jepara

Wisata Jepara yang pertama kali wajib kalian kunjungi pastinya merupakan Pulau karimunjawa. Siapa sih yang tidak ketahui Pulau Karimunjawa? Walaupun terpisah dari Jepara, pulau ini masih tercantum dalam kabupaten Jepara. Kepulauan yang mempunyai jarak tempuh 2-5 jam dari pelabuhan Jepara ini mempunyai energi pikat yang luar biasa untuk para traveler dalam maupun luar negeri.

Karimunjawa dikenal karena keindahannya alamnya, dasar lautnya yang eksotis, dan pemandangannya yang sangat indah. Taman Nasional ini berperan sebagai cagar alam laut yang dilindungi.

Di salah satu wisata Jepara ini, kalian juga dapat menikmati pesona pantainya yang jernih dan sesuai buat scuba diving ataupun snorkeling. Ditambah dengan pasir putihnya yang eksotis di sekitar pulau Karimunjawa. Tidak hanya itu, kalian juga dapat trekking di Hutan Mangrove sembari menikmati panorama alam hijau yang melegakan.

Kepulauan ini diresmikan sebagai salah satu Taman Nasional pada 2001. Tempat wisata di Jepara ini adalah bagian dari salah satu kecamatan di Jepara dan berjarak lumayan jauh, ialah 83 km di bagian utara kota Jepara. Liburan ke Jepara pastinya tidak akan lengkap apabila kalian belum mendatangi Pulau Karimunjawa ini.

Pantai Bandengan

wisata jepara

Wisata Jepara selanjutnya merupakan Pantai Bandengan. Mengingat Jepara terletak sangat utara di Jawa Tengah, tidak heran bila kabupaten ini dikelilingi oleh pantai di sebagian besar sisinya. Salah satu pantai di Jepara yang populer akan keindahannya merupakan Pantai Bandengan.

Pantai Bandengan identik dengan pasir putihnya yang menawan. Tidak hanya itu, kalian juga bisa menikmati indahnya panorama alam terbenamnya matahari di ufuk barat. Kalian dapat duduk di zona publik di pantai ataupun sembari menikmati kudapan ringan di restoran-restoran yang terdapat di sisi laut.

Bukit Ragas

wisata jepara

Bukit Ragas ialah wisata Jepara yang menawarkan panorama alam ala danau Kelimutu. Di sini ada sebagian kolam dengan warna yang berbeda-beda, yang pastinya sangat instagramable. Bukit kapur yang menjulang besar dan danau berwarna-warni membuat tempat ini jadi destinasi kesukaan. Lokasinya terletak di Desa Clering, Kecamatan Donorojo.

Air Terjun Njurang Nganten

wisata jepara

Air terjun yang ada di Kecamatan Pakis Aji ini masih hening wisatawan karena keberadaannya yang tidak sangat dikenal orang. Oleh karena itu, keadaan alamnya juga masih sangat terpelihara. Di dekat wisata Jepara ini ada banyak batuan natural besar yang makin menaikkan kesan natural dan indah.

Air Terjun Kedung Bobot

Wisata Jepara selanjutnya merupakan air terjun Kedung Bobot, yang berlokasi di Somosari, Batealit, Kabupaten Jepara. Air terjun satu ini menyajikan panorama alam yang begitu mengesankan dengan air terjun yang deras dan pastinya menyegarkan. Ditambah dengan banyaknya pepohonan mengelilingi, membuat posisi air terjun Kedung Bobot ini terus menjadi menawan.

Benteng Portugis

Jepara tidak cuma populer akan pantainya saja, terdapat juga wisata bangunan benteng, ialah Benteng Portugis yang terletak di pantai laut selaku salah satu tempat wisata di Jepara yang wajib didatangi.

Bila kalian tertarik menelusuri aset sejarah Indonesia, kalian harus memasukkan Benteng Portugis ke dalam destinasi wisata Jepara. Benteng ini dibentuk pada tahun 1923 silam. Kalian dapat mampir ke benteng ini sehabis bermain-main di pantai.

Museum Kartini

Museum R. A. Kartini jadi salah satu wisata Jepara yang harus buat didatangi. Sebagai tempat kelahiran wanita yang mengakibatkan ilham tentang emansipasi wanita, keberadaannya seolah dapat kalian rasakan di Museum Kartini ini. Terletak tidak jauh dari alun-alun Kota Jepara, museum ini menunjukkan beberapa barang dan cerita menimpa Kartini semasa hidup.

Luas bangunan museum 890 m persegi, berdiri diatas tanah seluas 5.210 m persegi. Museum ini menaruh koleksi aset RA Kartini dan gambar semasa hidup dia, aset RMP Sosrokartono, benda-benda yang bernilai sejarah dan purbakala yang ditemui di daerah Jepara, antara lain arkeologi, keramik, hasil kerajinan Jepara yang populer, antara lain ukir-ukiran, batik troso, keramik, anyaman bambu, dan rotan.

Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa memandang kerangka ikan raksasa Joko Tuo selama 16 m dan lebar 2 m dengan berat 6 ton yang ditemui di Karimun Jawa.

Pantai Kartini Jepara

Satu lagi ikon pariwisata dari Bumi Kartini yang tidak boleh Kamu lewati terlebih jika bukan Pantai Kartini. Pantai ini mempunyai karakteristik khas dengan keberadaan bangunan penyu hijau raksasa.

Bangunan ini populer juga dengan nama Kura-Kura Ocean Park yang berisi bermacam berbagai biota laut. Keseruan yang Kamu miliki juga tidak hendak akan dari Sea World Ancol yang terdapat di Jakarta.

Tidak cuma itu, di Pantai Kartini Kamu juga dapat puas di foto karena tempat ini memiliki banyak spot menarik. Salah satunya merupakan dermaga melingkar yang memutari bangunan penyu.

Pantai ini juga jadi posisi penyeberangan buat Kamu yang mau mendatangi Karimunjawa. Walaupun tidak dapat buat berenang dengan bermacam sarana dan wahana yang terdapat, pantai ini senantiasa menarik buat Kamu kunjungi.

Tinggalkan komentar