10 Wisata Tawangmangu Terbaik Dengan Pesona Alam Yang Indah

Wisata Tawangmangu dapat jadi alternatif saat liburan ke Solo. Tawangmangu merupakan suatu kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang menawarkan kesegaran hawa pegunungan.

Tawangmangu terletak pada wilayah pegunungan yang produktif dan dikelilingi oleh hutan dan perbukitan. Air terjun, perkebunan, sampai panorama alam Gunung Lawu yang indah dapat kalian nikmati di sini.

Wisata di Tawangmangu menawarkan keindahan alam pegunungan yang melegakan. Tawangmangu Wisata sesuai untuk kalian yang mencari kesegaran alam. Untuk kalian yang menggemari wisata alam, harus buat mendatangi Tawangmangu.

Baca juga Wisata Banyuwangi Terpopuler!

Berikut Adalah Saran Wisata Tawangmangu Terbaik

Kawasan Wisata Gunung Lawu

Wisata di Tawangmangu yang pertama ialah Kawasan wisata alam Gunung Lawu terletak di 3 daerah kabupaten, ialah Magetan, Ngawi, dan Karanganyar. Gunung berapi ini menjulang besar dengan ketinggian 3. 265 mdpl.

Lawu mempunyai 3 puncak, ialah Puncak Hargo Dalem, Puncak Hargo Dumilah, dan Puncak Hargo Dumiling. Ketiga puncak ini menawarkan spot strategis buat memandang keindahan alam dekat.

Di bagian sisi lereng gunung, terdapat banyak nama objek wisata populer. Contohnya saja Telaga Sarangan yang sangat menawan. Setelah itu baru- baru ini timbul tempat wisata Tawangmangu kekinian, ialah Tawangmangu Resort.

Gunung ini masih dikira sebagai salah satu gunung yang sakral. Apalagi tempat ini masih jadi pusat posisi buat ritual malam 1 Suro oleh warga setempat.

Kamu yang akan tiba dan liburan di sini, jangan kurang ingat siapkan duit Rp20. 000, 00 buat retribusi tiket masuk ke kawasan Gunung Lawu. Silahkan Kalian dapat tiba kapan saja karena wisata alam ini buka 24 jam.

Air Terjun Jurang Sundo Tawamangu

Wisata Tawangmangu terbaru selanjutnya Objek wisata di Tawamangu yang harus didatangi berikutnya merupakan air terjun Jurang Sundo Tawamangu. Lokasinya terletak di Desa Nglurah, Tawangmangu dan buka setiap hari mulai jam 08. 00 Wib sampai 16: 30 Wib.

Air terjun ini memanglah tidak sangat besar, tetapi tempat wisata ini terbilang lumayan gampang buat diakses karena terletak di tengah perkampungan masyarakat. Tidak hanya itu, ada juga warung dan saung buat istirahat, sehingga tempat wisata ini sesuai buat didatangi bersama sahabat ataupun keluarga.

Rumah Atsiri Indonesia

Wisata di Tawangmangu yang selanjutnya adalah Rumah Atsiri Indonesia ialah wisata Tawangmangu berjudul bimbingan yang baru dibuka pada 2018 lalu. Rumah Atsiri Indonesia ialah halaman tamasya dan bimbingan atsiri pertama di Indonesia. Atsiri ataupun yang biasa diketahui dengan minyak esensial ialah bahan utama dari bermacam produk semacam kosmetik, kesehatan, sampai santapan.

Rumah Atsiri Indonesia ini tadinya ialah pabrik Citronella yang telah terdapat di Indonesia saat sebelum Perang Dunia Kedua dan sudah jadi salah satu penghasil minyak atsiri terbaik di dunia. Di Rumah Atsiri Indonesia wisatawan dapat menaikkan pengetahuan seputar minyak atsiri dengan menjajaki touring yang sudah disediakan oleh pengelola. Mata wisatawan juga akan dimanjakan dengan hamparan taman atsiri yang indah.

Buat bisa menikmati pengalaman di Rumah Atsiri Indonesia, Kalian lumayan mempersiapkan duit Rp 50. 000 per orang buat membeli voucher. Voucher ini bisa digunakan buat menjajaki bermacam kegiatan di Rumah Atsiri Indonesia semacam workshop, berbelanja oleh- lehm sampai menikmati hidangan atsiri di resto yang ada.

Candi Cetho

Wisata di Tawangmangu  selanjutnya Candi Cetho merupakan satu diantara sebagian tempat wisata di lereng Gunung Lawu. Posisi wisata Tawangmangu ini lumayan dekat dengan Candi Sukuh. Candi ini merupakan candi bercorak Hindu. Ditaksir waktu pembangunannya merupakan dekat abad ke- 15 Masehi.

Buat hingga di posisi candi ini, para wisatawan umumnya akan melewati jalan yang sama dengan jalan mengarah Air Terjun Grojogan Sewu. Karena dekat dengan air terjun, area di dekat candi terasa sejuk. Apalagi seringnya candi ini tertutup oleh kabut di pagi hari dan pada saat petang.

Untuk yang penasaran dengan Candi Cetho, candi ini terletak di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Karanganyar. Buat memasukinya, Kamu tidak butuh menghasilkan bayaran banyak; cuma Rp7. 000, 00 saja. Catat jam operasionalnya ya, ialah jam 09. 00- 17. 00 Wib.

Air Terjun Jumog

Air terjun yang terdapat di Desa Berjo, Karanganyar, ini memanglah berjarak jauh dari Kota Solo. Jarak dari Solo ke wisata alam air terjun ini kurang lebih 40 Kilometer. Namun banyak rombongan turis yang bahagia sekali tiba kemari dengan memakai bus dari layanan sewa bus pariwisata Solo.

Normal sekali air terjun ini jadi primadona karena tidak hanya indah, objek wisata ini juga murah. Tiket masuknya saja cuma Rp15. 000, 00 per orang. Wisata air terjun ini juga memberlakukan jam buka yang sempurna, ialah dari jam 07. 00 hingga jam 17. 00 Wib.

Air terjun setinggi dekat 30 m ini beralamat di Jalur Berjo, Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Turis yang berkunjung tentu akan betah karena Air Terjun Jumog ini juga memiliki sarana yang lengkap.

Daftar sarana yang terdapat di sini antara lain gazebo, kolam renang, wahana game anak, dan warung makan. Hebatnya lagi, di dekat tempat wisata ini ada homestay ataupun cottage yang dapat jadi alternatif buat menginap.

Mojosemi Forest Park

wisata tawangmangu

Anak-anak biasanya sangat penasaran dengan kehidupan binatang prasejarah, Dinosaurus, dan di Tawangmangu terdapat suatu taman hiburan yang bertemakan Dinosaurus, Mojosemi Forest Park namanya. Taman Dinosaurus ini masih terbilang baru tetapi sangat pantas buat masuk daftar 12 tempat wisata Tawangmangu populer berkat keunikannya.

Mojosemi Forest Park ini dibagi jadi 3 zona, ialah Dino Hunter, Dino Show, dan Taman Dino. Ketiganya menawarkan petualangan yang epik untuk kanak- kanak.

Harga tiket masuknya sangat terjangkau, ialah cuma Rp20. 000, 00 buat berusia dan Rp10. 000, 00 buat kanak- kanak. HTM ini berlaku buat kunjungan wisata di hari kerja. Lagi HTM sepanjang weekend ataupun hari libur nasional cuma Rp5. 000, 00 lebih mahal dari tiket hari biasa.

Jika atensi liburan di sini, kunjungi saja objek wisata ini. Lokasinya terdapat di Jalur Raya Sarangan, Cemoro Sewu Kilometer 5, Kali Jumog, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Magetan. Yakinkan Kamu tiba antara jam 9 pagi dan jam 4 sore ya karena di luar jam operasional tersebut, tempat wisata ini tutup.

Puncak Gunung Gamping

wisata tawangmangu

Objek wisata berikutnya yang dapat kalian kunjungi terletak di Tawangmangu merupakan Puncak Gunung Gamping. Objek wisata ini terletak di kaki Gunung Lawu dan ialah salah satu tempat wisata yang terkenal dengan panorama alam pegunungan dan batu- batu yang luar biasa.

Salah satu momen menarik yang disukai oleh turis saat mendatangi puncak gunung Gamping merupakan momen menjelang matahari terbit dan terbenam yang populer indah dan memesona.

Tidak hanya itu, disediakan juga perlengkapan camping yang dapat kalian sewa buat menghabiskan waktu di Puncak Gunung Lawu.

Dengan seluruh keindahan alam yang disuguhi oleh Puncak Gunung gamping ini, membuat objek wisata yang satu ini jadi opsi tempat wisata terbaik di Tawamangu yang harus didatangi pada saat liburan.

Sakura Hills 

wisata tawangmangu

Tempat wisata yang satu ini juga dapat jadi opsi wisata terbaik di Tawamangu bersama keluarga. Sakura Hills mengusung tema konsep wisata ala Jepang dan menyajikan panorama alam yang indah dengan pohon- pohon sakura dan latar Gunung Lawu yang memanjakan mata.

Tidak hanya itu, terdapat banyak spot gambar yang menarik, semacam Takeshi Castle, Gerbang Torii Path sampai Samurai Park yang sayang jika dilewatkan. Tidak cuma itu, wisatawan juga dapat berkelana di Sakura Hills dengan Jeep dan merasakan bermalam di Sakura Hills.

Gunung Lawu

wisata tawangmangu

Puncak Gunung Lawu ialah wisata Tawangmangu yang menantang dan penuh teka- teki. Untuk kalian yang suka aktivitas pendakian, Gunung Lawu adalah salah satu destinasi yang harus dicoba. Puncak Lawu bisa diakses lewat Cemoro Kandang, desa Gondosuli Kecamatan Tawangmangu. Objek wisata ini dipercaya oleh sebagian warga Jawa sebagai pusat kekuatan spiritual dengan beberapa petilasan memiliki, aset Raja terakhir Kerajaan Majapahit.

Di Puncak Gunung Lawu ada kawah yang diketahui sebagai Kawah Candradimuka, dan tempat- tempat spiritual semacam Sendang Drajat, Sumur Jolotundo, Argo Dalem, Argo Dumilah, Pasar Dieng, Batu Tugu“ Punden Berundak”, Lumbung Selayur, Telaga Kuning, dan Pawon Sewu. Gunung Lawu adalah gunung api yang berstatus rehat. Puncak Lawu sering dijadikan tempat pendakian untuk para pendaki.

Grojogan Sewu

wisata tawangmangu

Wisata Tawangmangu terbaru terakhir Salah satu wisata Tawangmangu yang sangat populer semenjak lama merupakan Air Terjun Grojogan Sewu. Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Kata sewu ataupun seribu berasal dari seribu pecak, ataupun satuan jarak yang digunakan pada saat itu yang ialah besar air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang berusia.

Hutan Wisata Grojogan Sewu mempunyai luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi bermacam tipe tumbuhan hutan dan ditempati oleh sekelompok kera jinak. Sebagian sarana dari hutan wisata ini merupakan Flying Fox, kolam renang, tempat rehat, kios santapan, kios buah- buahan dan cinderamata, mushola dan MCK. Buat masuk ke Air Terjun Grojogan Sewu, kalian lumayan membayar tiket masuk sebesar Rp 20. 000 per orang.

Tinggalkan komentar