Rekomendasi Tempat Wisata di Temanggung, Cocok Untuk Healing Keren Banget!

Wisata Temanggung dapat jadi opsi destinasi liburan yang seru di Jawa Tengah. Alasannya, sebagian besar daerah Kabupaten Temanggung ialah dataran besar dan pegunungan, adalah bagian dari rangkaian Dataran Besar Dieng.

Wisata Temanggung menawarkan destinasi mulai dari alam sampai sejarah. Dari Temanggung kalian dapat melihat panorama alam 4 gunung dengan pesonanya tiap- tiap. Panorama alam Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing dapat kalian nikmati di mari.

Hamparan pegunungan yang sejuk jadi andalan wisata Temanggung. Bermacam destinasi wisata Temanggung juga mempunyai medan yang gampang diakses dan sarana yang lengkap. Bila kalian lagi terletak di kabupaten ini, menyempatkan waktu buat menyambangi salah satu wisata Temanggung tidak akan membuat kalian menyesal.

Lihat juga Rekomendasi Wisata Mojokerto Terpopuler!

Daftar Rekomendasi Wisata di Temanggung

Posong Temanggung

wisata temanggung

Mau menikmati panorama alam Gunung Sumbing tanpa wajib mendaki Sindoro? Datang saja ke Wisata Alam Posong. Lokasinya terletak di lereng Sindoro, tepatnya di Tlahab, Kledung, Temanggung pada ketinggian 1823 mdpl.

Dari tempat ini Kamu dapat menikmati panorama perkebunan masyarakat dan Gunung Sumbing dengan sangat jelas. Terlebih dengan hawa sejuk pegunungannya, sesuai sekali buat bersantai dari rutinitas kerja semacam di Gardu Pandang Tieng.

Di lahan seluas 1.2 hektar ini, Kamu juga dapat camping bersama keluarga ataupun sahabat buat menikmati sunset dan sunrise. Pada saat malam, bintang-bintang di langit dapat nampak jelas dan senantiasa jadi incaran para juru foto.

Tidak hanya itu, ada juga spot gambar apik dan wahana outbound yang dapat Kamu nikmati sepanjang kunjungan. Panorama alam perkebunan dan rumah penduduk juga jadi view apik sepanjang ekspedisi Kamu mengarah posisi dari loket masuk.

Tiketnya sendiri dekat Rp20.000,00 per orang dengan karcis parkir antara Rp5.000,00 dan Rp10.000,00. Kamu yang mau berkunjung dapat tiba tiap hari mulai jam 04.00 Wib sampai 16.30 Wib.

Green Canyon Temanggung

wisata temanggung

Sibajag Green Canyon tercantum salah satu tempat wisata Temanggung instagramable terkenal di Kota Tembakau. Berbeda dengan Green Canyon Pangandaran, tempat ini mengusung konsep unik yang tidak sering terdapat di suatu bukit.

Pada saat berkunjung Kamu bisa memandang jembatan bambu terpanjang yang membentang di dekat Bukit Sikendil. Tidak cuma itu, terdapat juga beberapa gazebo buat Kamu bersantai bersama keluarga menikmati panorama alam.

Panorama bukit yang asri dan air terjun kecil di dasar jembatan menaikkan syahdu atmosfer di tempat ini. Keindahan tempat ini tidak kalah dari The Onsen Resort dengan sedikit nuansa Jepang.

Objek wisata ini dapat Kamu temukan di Jalan. Tambi Sibajag, Sibajag, Canggal, Candiroto, Temanggung. Dengan tiket masuk dekat Rp15.000,00 Kamu telah dapat menikmati keindahan yang terdapat tiap hari antara jam 08.00 Wib sampai 16.00 Wib.

Embung Kledung

wisata temanggung

Pernah viral di TikTok, tempat wisata Embung Kledung menawarkan wisata danau buatan yang terletak di dataran besar. Hawa sejuk dan panorama hijau yang disuguhkan, siap buat kalian terpukau. Terus menjadi menarik, karena kalian juga bakal dimanjakan dengan keindahan 2 gunung kembar, ialah Sumbing dan Sindoro yang bisa dilihat lewat gardu pandang dan ayunan gantung. Tidak hanya sebagai tempat wisata, Embung Kledung juga ialah wadah penampungan air hujan di mana apabila masa kemarau, embung ini dimanfaatkan sebagai sumber mata air buat pengairan dan kebutuhan masyarakat setempat tiap hari.

Alam Sewu

wisata temanggung

Walaupun belum sepopuler wilayah yang lain di Jawa Tengah, Kabupaten Temanggung populer sebagai spot mencari sunset yang luar biasa. Tidak akan terbuat kecewa menghabiskan waktu sebagian hari di sini. Salah satu wisata buatan yang dijuluki‘ Negara di Atas Awan- nya Temanggung’ merupakan Alam Sewu. Lokasinya di puncak bukit, membuat kawasan Alam Sewu mempunyai kabut yang lumayan tebal pada pagi hari. Siang harinya, kalian dapat puas memandang view perkebunan tembakau dan gunung- gunung nan megah yang nampak semacam lukisan. Tetapi, buat hingga ke titik posisi Alam Sewu, kalian wajib menaklukan jalanan menanjak yang lumayan jauh. Maka dari itu, kalian dianjurkan datang memakai sepeda motor.

Gunung Kendil

wisata temanggung

Untuk kalian yang suka mendaki, ayo, tantang diri buat menaklukkan salah satu gunung di Temanggung, ialah Gunung Kendil. Bila belum sempat hiking dan mau mencobanya, jalan pendakian di Gunung Kendil terbilang nyaman sehingga sesuai untuk pendaki pendatang baru. Tidak curam dan tidak sangat menanjak. Akan tetapi, kalian senantiasa wajib mencermati langkah kaki dan fokus, ya. Apabila butuh, ajaklah rekan ekspedisi yang telah sering hiking. Mengingat terdapat banyak mungkin yang dapat terjalin sepanjang mendaki. Tidak hanya itu, kenyataan menarik dari Gunung Kendil yang bisa jadi belum dikenal banyak orang ialah sempat jadi posisi pelatihan militer pada masa penjajahan Belanda, loh. Tidak jauh dari posisi Gunung Kendil juga ada cagar budaya Temanggung yang menarik buat disambangi.

Gunung Prau

wisata temanggung

Tidak cuma dari Wonosobo, keindahan Gunung Prau juga dapat Kamu nikmati dari Temanggung tepatnya lewat Desa Wates. Jalur pendakian dari desa ini relatif lebih berat tetapi dengan panorama alam yang begitu mempesona.

Waktu pendakian sampai zona puncak dekat 3 sampai 6 jam, tergantung seberapa cepat Kamu berjalan. Panorama perkebunan masyarakat dan hutan yang rapat siap menemani Kamu sepanjang ekspedisi.

Umumnya para pendaki memilah camping di zona puncak buat bisa melihat sunrise Gunung Prau yang instagramable. Karena dari tempat ini, Kamu juga bisa memandang Gunung Sumbing, Sindoro dan gunung lain di Jawa Tengah dengan jelas.

Kawasan gunung ini sangat pas jadi opsi destinasi wisata Kamu bersama sahabat buat melepas penat. Tidak hanya atmosfer yang aman, tiket masuknya pula sangat murah cuma dekat Rp10.000,00 per orang.

Posisi basecampnya sendiri terletak di Jalan. Candiroto–Kejajar, Kilometer. 11, Gejungan, Wates, Wonoboyo, Temanggung. Walaupun buka sepanjang 24 jam, waktu terbaik buat mendaki merupakan pada saat pagi ataupun siang hari supaya dapat istirahat pada saat malam.

Curug Lawe Temanggung

Nama Curug Lawe tidak cuma ada di Semarang saja, Kamu juga dapat menciptakan curug dengan nama seragam di Temanggung. Tetapi pasti keindahan 2 curug ini sangat berbeda.

Curug Lawe Temanggung ini mempunyai tebing yang lebih besar dengan sebagian undakan pada batunya. Di dasar air terjun, Kamu dapat menikmati segarnya air dari sela-sela batu kali besar.

Rerumputan hijau yang berkembang di dekat curug turut menaikkan asri atmosfer air terjun ini. Pesona curug ini bisa nampak jelas dari gardu pandang yang sudah pengelola sajikan.

Posisi curugnya sendiri agak tersembunyi dekat sebagian ratus m dari tempat parkir. Alamatnya terletak di Jalan. Muncar Lor, Muncar, Gemawang, Temanggung.

Tetapi buat tiketnya tidak sangat mahal cuma dekat Rp6. 000, 00 dengan bayaran parkir Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00. Kamu dapat memohon sopir dari rental mobil murah terdekat buat mengantar antara jam 08. 00 Wib sampai 15. 00 Wib.

Botorono Temanggung

Puncak Botorono juga dapat jadi destinasi alternatif untuk Kamu yang mau menikmati panorama alam kota dari ketinggian. Lokasinya beralamat di Petarangan, Kledung, Temanggung, tidak sangat jauh dari basecamp Sindoro.

Hawa sejuk dapat langsung Kamu rasakan pada saat datang kawasan wisata ini semacam pada saat mendatangi Puncak Suroloyo. Tidak hanya sesuai buat bersantai, tidak sedikit turis yang eksis di foto di sini.

Sebagian spot unik semacam kerangkeng dan kincir angin jadi opsi kesukaan banyak orang buat selfie. Waktu terbaik mendatangi tempat wisata di Temanggung Jawa Tengah ini pasti saja pada saat pagi ataupun malam hari cocok selera Kamu.

Bayaran tiket masuknya juga tidak mahal cuma Rp7.000,00 per orang. Bila Kamu tidak ingin repot berjalan kaki ke posisi, dapat tambah Rp10. 000, 00 sampai Rp15. 000, 00 buat membayar ojek.

Tinggalkan komentar